Mengapa Kita Perlu MENABUNG dan BERINVESTASI EMAS?

Mengapa Kita Perlu MENABUNG dan BERINVESTASI EMAS?

Mengapa kita perlu menabung dan investasi emas?

Mengapa kita perlu menabung emas dan berinvestasi emas?

Apakah keuntungan menabung emas dan berinvestasi emas?

Setiap orang tentunya memiliki tujuan-tujuan keuangan yang ingin dicapai, misal mau beli rumah, beli kendaraan, jalan-jalan ke luar negeri dan lain sebagainya. Tapi di sisi lain ada keterbatasan dari penghasilan, misal gaji bulanan yang jumlahnya tetap. Oleh sebab itu investasi menjadi salah satu solusi dan jalan keluarnya.

Investasi dapat diartikan sebagai kegiatan menyimpan uang atau membelanjakan uang dengan harapan mendapat keuntungan di masa depan. Menabung sekilas tampak sama dengan investasi, namun dalam beberapa hal menabung berbeda dengan investasi.

Salah satu produk investasi yang sudah dikenal dari zaman dahulu hingga sekarang adalah investasi emas. Investasi emas di sini bukanlah investasi pada emas perhiasan, melainkan investasi pada logam mulia. Investasi emas sangat diminati oleh banyak orang dengan alasan keamanan dan keuntungan yang dijanjikan. Di bawah ini adalah beberapa alasan lain seseorang berinvestasi atau menabung emas.

 

#1 Aman (Security)

Jenis emas yang dianjurkan untuk investasi adalah jenis emas logam mulia yang bersertifikat dan diakui mancanegara.

Contoh: Logam mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang (ANTAM).

Investasi Anda aman, karena logam mulia memiliki nilai yang cenderung stabil dan diakui oleh mancanegara.

 

#2: Menguntungkan (Profitable)

Dalam jangka panjang (lebih dari 5 tahun), harga emas cenderung stabil dan berpotensi dapat mengalahkan inflasi. Berikut ini grafik yang menunjukkan harga emas (Rp/gram) dari tahun 2007 – 2017.

Harga Emas 2007 – 2017. Sumber GoldPrice.org (data diambil hari Jumat, 20 Oktober 2017)

 

#3: Mudah dicairkan (High Liquidity)

Emas memiliki likuiditas tinggi, sehingga emas dapat dijual dan ditukar uang tunai dengan cepat. Anda dapat menjual kembali emas melalui toko emas, gerai ANTAM bahkan dijual melalui toko online.

 

#4: Risiko rendah (Low risk)

Para investor menyebut emas sebagai safe haven (pegangan yang aman), terlebih jika mata uang sedang naik turun (berfluktuasi). Investasi emas juga dikenal dapat menahan kenaikan harga atau inflasi.

Cek Harga Emas terbaru disini : Harga Emas Mini

 

#5: Tidak memerlukan dana besar

Emas yang dijual di pasaran sangat beragam dan dimulai dari berat yang cukup ringan yaitu 1 gram hingga 1.000 gram. Tentu saja hal ini sangat mempermudah kita untuk mengkoleksi emas.

 

#6: Mudah dipindahkan (Portable)

Bayangkan Anda memindahkan uang tunai sebesar Rp 300 juta? Uang tunai memiliki volume yang lebih besar sehingga memindahkannya pun lebih sulit. Tentu saja akan lebih mudah memindahkan jika Anda memiliki emas serharga Rp 300 juta (kurang dari 1 kg).

 

#7: Kepemilikan dan Pengelolaan Sendiri (Ownership & Stewardship)

Investasi emas menawarkan kepemilikan aset oleh diri Anda sendiri. Hal ini berarti Anda memiliki kuasa penuh atas emas tersebut.

Anda dapat dengan mudah menggunakan emas itu baik untuk dijual kembali atau dipindahkan.

Cek Harga Emas terbaru disini : Harga Emas Mini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *